Sali Digital Agency di Jakarta | Salizen yuk kita berkenalan dengan Search Engine Optimization atau SEO dan kegunaannya untuk digital marketing.
Memang kita sudah tidak dapat hindari lagi dengan kenyataan bahwa optimasi mesin pencari atau SEO (Search Engine Optimization) menjadi salah satu aspek yang penting dalam dunia pemasaran digital atau digital marketing saat ini.
Dengan menggunakan SEO kita dapat meningkatkan visibilitas pada situs web di mesin pencarian seperti Google ataupun Bing Search.
Mengoptimalkan website dari sisi SEO dapat membantu pengunjung lebih mudah untuk mencari produk dan jasa yang relevan dengan apa yang kita tawarkan, sehingga website yang kita miliki dapat muncul di peringkat paling atas di mesin pencari.
Bahkan praktik dari penggunaan SEO ini bukan hanya dapat digunakan untuk meningkatkan ranking situs website saja, melainkan dapat diterapakan pada platform lain seperti marketplace bahkan sosial media yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan jumlah pengunjung.
Apa Itu Search Engine Optimization (SEO)?
SEO, atau search engine optimization merupakan strategi serta teknik yang digunakan untuk meningkatkan peringkat situs website di mesin pencari seperti Google.
Tujuan utama dari penggunaan SEO adalah untuk memastikan situs website milik kita dapat muncul di peringkat paling atas pada hasil pencarian ketika seseorang mencari kata kunci yang relevan dengan produk atau jasa yang kita miliki.
Dalam prosesnya SEO melibatkan berabgai aspek mulai dari optimasi konten hingga melakukan penyesuaian teknik dan teknis sehingga memastikan situs website dapat diindeks dengan baik oleh mesin pencari.
Sejarah Perkembangan SEO
Salizen tahukan kalian kalau Searh engine optimization (SEO) telah mengalami evolusi yang signifikan sejak pertama kali diperkenalkan.
Pada awalnya SEO berfokus pada penggunaan kata kunci yang berlebihan dan teknik lainnya untuk memanipulasi mesin pencari supaya dapat menduduki peringkat teratas.
Namun, seiring dengan berkembangnya algoritma mesin pencari, terutama Google, praktik SEO telah berubah menjadi lebih kompleks dan berfokus pada kualitas konten.
Mesin pencari sekarang ini lebih mengutamakan konten yang relevan dan konten yang memberikan pengalaman pengguna yang baik.
Pembaruan update dari algoritma seperti Google telah merubah struktur SEO, memaksa Digital Marketer untuk beradaptasi dan memprioritaskan praktik SEO yang lebih baik dan berkelanjutan.
Komponen Utama SEO
Dalam praktiknya Search engine optimization (SEO) memiliki beberapa komponen utama diantaranya adalah:
- Keyword Research: Merupakan langkah awal dan sangat penting dalam teknik SEO. Proses ini melibatkan identifikasi kata kunci yang digunakan oleh orang yang saat mencari produk dan jasa di mesin pencari. Dengan menggunakan kata kunci yang tepat maka kemungkinan situs website kita dapat muncul di hasil pencarian.
- On-Page SEO: Proses ini mengacu pada elemen-elemen yang ada pada situs website yang dapat dioptimalkan untuk meningkatkan peringkat di mesin pencari, hal ini mencakup title tag, meta description, headings tag hingga kualitas konten yag relevan dan alami.
- Off-Page SEO: Salah satu dari elemen utama dalam Off-Page SEO adalah backlink, yaitu merupakan tautan dari situs website lain yang mengarah ke halaman situs website yang kita miliki. Backlink yang berkualitas dapat meningkatkan kepercayaan pada situs website di mesin pencari.
- Technical SEO: Berkaitan dengan aspek teknis yang ada pada situs website, hal ini mempengaruhi kepamampuan untuk melakukan proses indexing dan peringkat di mesin pencari. Proses ini meliputi kecepatan halaman website, responsibilitas akses penggunaan website di handphone serta struktur URL yang bersih dan deskriptif.
Kegunaan SEO dalam Digital Marketing
Salah satu manafaat penggunaan Search engine optimization dalam digital marketing adalah kemampuannya untuk meningkatkan visibilitas situs website di mesin pencari.
Dengan peringkat yang lebih tinggi, maka situs website kita akan lebih mudah untuk ditemukan oleh calon pembeli ketika mereka mencari informasi produk dan jasa yang kita tawarkan.
Selain itu, peringkat yang baik di mesin pencari dapat meningkatkan kepercayaan terhadap brand atau merek kita, karena banyak orang yang cenderung mempercayai situs website yang muncul di posisi paling atas.
Search engine optimization (SEO) juga berperan penting dalam mendatangkan trafik organik ke situs website yang kita miliki.
Trafik organik ini merupakan pengunjung yang datang ke situs website kita melalui hasil pencarian di mesin pencari yang alami bukan melalui iklan yang berbayar.
Trafik yang semacam ini lebih berharga dikarenakan pengunjung menemukan situs websie kita melalui mesin pencari sehingga website kitapun relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan.
Selain itu, SEO yang baik dapat meningkatkan user experience (UX) pada website kita, Hal ini dapat dipastikan dengan membuat halaman website yang cepat diakses dan proses navigasinya yang mudah sehingga dapat meningkatkan pengalaman yang baik.
Dengan memiliki user experiece atau pengalaman pengguna yang baik ini, tidak hanya membuat pengunjung merasa nyaman namun juga dapat mengurangi bounce rate dan durasi kunjungan, yang kesemuanya itu dapat berkontribusi untuk meningkatkan website kita untuk lebih baik lagi di mesin pencari.
Yang terakhir, situs web yang diptimalkan dengan baik memungkinkan untuk menghasilkan lebih banyak leads dan penjualan dikarenakan pengunjung yang datang ke website kita akan lebih relevan dan terlibat didalamnya.
Salizen, investasi dalam Search engine optimization (SEO) memberikan hasil jangka panjang yang berkelanjutan, Menjadikannya salah satu aspek penting dalam strategi pemasaran digital marketing yang sukses.